Pengertian Media Komunikasi dan
Audio-Visual
Media berarti wadah atau sarana.
Dalam bidang komunikasi, istilah media yangsering kita sebut sebenarnya adalah
penyebutan singkat dari media komunikasi.Media komunikasi sangat berperan dalam
mempengaruhi perubahan masyarakat.Televisi dan radio adalah contoh media yang
paling sukses menjadi pendorong perubahan. Audio-visual juga dapat menjadi
media komunikasi. Penyebutan audio-visual sebenarnya mengacu pada indra yang
menjadi sasaran dari media tersebut.Media audiovisual mengandalkan pendengaran
dan penglihatan dari khalayak sasaran (penonton). Produk audio-visual
dapat menjadi media dokumentasi dan dapat juga menjadi media komunikasi.
Sebagai media dokumentasi tujuan yang lebihutama adalah mendapatkan fakta dari
suatu peristiwa. Sedangkan sebagai mediakomunikasi, sebuah produk audio-visual
melibatkan lebih banyak elemen media danlebih membutuhkan perencanaan agar
dapat mengkomunikasikan sesuatu. Filmcerita, iklan, media pembelajaran adalah
contoh media audio-visual yang lebihmenonjolkan fungsi komunikasi. Media
dokumentasi sering menjadi salah satuelemen dari media komunikasi. Karena
melibatkan banyak elemen media, maka produk audio-visual yang
diperuntukkan sebagai media komunikasi kini seringdisebut sebagai multimidia.
KELEBIHAN DAN
KELEMAHAN MEDIA ( AUDIO, CETAK, FOTO/GAMBAR,VISUAL, DAN ONLINE)
1. MEDIA
SUARA/AUDIO (RADIO)Media suara atau audio identik
dengan media radio yang memang pendengarnya hanya bisamenikmati suara saja tanpa ada visualisasi ataupun teks.Kelebihan Media
suara atau audio (Radio) adalah:a) dalam hal penyampaian informasi atau berita
lebih cepat bahkan bisa saat itu juga. b) Biasanya media ini bisa
dinikmati sambil melakukan aktifitas yang lainnya. Jadi pendengar tidak
harus memantau di depan radio, tetapi bisa menemani aktifitas pendengarnya di mana pun.c) Biaya
produksi ataupun biaya yang diperlukan khalayak untuk mendengarkan radio
relatif murah, bahkan bisa di dengar
tanpa menggunakan listrik tetapi menggunakan baterai. Halinilah mengapa
sampai sekarang radio masih digemari oleh khalayak apalagi yang ada di pedesaan.d) Pendengar yang buta
huruf pun bisa memahami apa yang disampaikan oleh siaran radio.Jadi khalayak yang tidak berpendidikan pun bisa
menikmati media ini, berbeda dengan koranyang memang khalayaknya harus bisa
membaca.e) Bahasa yang digunakan bersifat bahasa tutur, jadi mudah
dimengerti oleh pendengarnya.f) Pendengar tidak terbatas baik dari segi umur,
pendidikan, wilayah dan sebagainya.Meskipun sekarang sudah banyak radio yang
tersegmentasi.Adapun untuk kekurangan Media
suara atau audio ( Radio ) adalah:a) informasi yang disampaikan hanya
sekilas dan tidak bisa diulang, jadi pendengar tidak bisa mengerti secara detail tentang berita
yang disampaikan, karena memang bahasanyasederhana dan tidak didukung oleh
visualisasi. Pendengar hanya bisa membayangkan saja. b) Jumlah
berita yang disampaikan oleh radio terbatas, tidak sebanyak media cetak(
koran).Dalam waktu satu jam mungkin hanya
tersaji 2 atau 3 berita, itu pun berita yang paling penting dan
sensasional.c) Karena radio penyebarannya
melalui alat pemancar, maka khalayak pun juga hanya bisamenikmati radio selama
terjangkau oleh daya pancar radio tersebut. Apalagi kalau cuaca yang kurang
baik biasanya radio agak melemah daya pancarnya. Sehingga khalayak yang jauh
tidak bisa menikmati siaran radio.d) Saat
mendengarkan berita di radio kita harus mengikuti jadwal atau waktu dimana
radiotersebut akan menyajikan siaran berita.
2. MEDIA
TULISAN/ TEKS (KORAN, MAJALAH)Media yang mengandalkan tulisan atau teks
biasanya identik dengan koran, majalah, tabloiddan lain sebagainya yang berasal
dari proses pencarian berita,pengumpulan berita, pengolahan berita
(editing) , percetakan dan sampai pada proses distribusi kepada khalayak.Kelebihan
media cetak (koran atau majalah) adalah:a) Karena media ini cetak ini hasilnya
adalah berupa tulisan atau teks maka media ini bisadisimpan dan bisa di baca
berulang- ulang. Di saat pembaca ingin lebih memahami isi berita,maka pembaca
bisa mengulang – ulang membacanya. b) Selain itu juga bisa dikumpulkan dan
dibuat kliping. Terutama mengenai sebuah beritayang
fenomenal ataupun berita- berita yang dianggap menarik.c) Biasanya informasi di
dalamnya lebih jelas dan mampu menjelaskan hal- hal yang bersifatkompleks
ataupun investigatif. Terkadang disertai gambar atau foto yang lebih
memperjelasisi berita yang ditampilkan. Dan
ada kalanya bila berita tersebut bersifat continue maka adasedikit pengulangan
mengenai berita sebelumnya, sehingga pembaca benar- benar mengertidan
faham tentang isi dan alur berita tersebut.d)
Jika dilihat dari harganya, media cetak bisa di dapat oleh khalayak dengan
harga yangcukup murah. Karena dengan biaya yang cukup murah kita bisa
mendapatkan informasi yanglebih banyak. Misalnya koran Jawa Pos, dengan harga
Rp. 4.000 kita bisa mendapatkaninformasi atau berita sebanyak 30an
halaman berbeda dengan media lain yang terbatas. Iniyang lebih membedakan antara media cetak dengan media elektronik( baik
radio maupuntelevisi).e) Bahkan kita bisa memilih berita mana yang ingin kita
baca terlebih dahulu,misal tentang politik,ekonomi,olahraga atau yang
lainnya. Jadi tidak ada keharusan untuk menyimak informasi satu per
satu atau tidak harus berurutan.Untuk
kekurangan dari media cetak adalah:a) Media cetak lebih lambat penyampaian
beritanya daripada media- media yang lain.Karena memang harus melewati
proses yang panjang sampai di tangan khalayak. Bahkan berita yang terjadi
hari ini baru bisa diterima oleh khalayak pada hari esoknya. b) Selain itu media cetak hanya terbatas
pada tulisan atau teks saja meskipun beberapa didukung oleh foto atau
gambar, sehingga pembaca harus memahami sendiri berita tersebutkarena memang visualisasi yang terbatas.c) Untuk
biaya produksi media cetak tergolong mahal, karena media cetak harus dicetak
dandidistribusikan sebelum dapat dinikmati masyarakat. Biaya percetakan
dan pendistribusianitulah yang tergolong
mahal.
3. MEDIA
GAMBAR / FOTOmedia gambar atau foto tergolong media yang sering digunakan untuk
lebih memeperjelasatau mengabadikan sebuah peristiwa dan kejadian. Bahkan
sebuah berita terasa kurang jikatidak dilengkapi gambar atau foto.Kekurangan
dari media gambar atau foto ini adalah:Media Ini tidak akan jelas jika tidak
diberi penjelasan yang detail,baik dari segi waktu(hari, tanggal) atau segi
kuantitas. Misalkan foto atau gambar tentang bencana alam, makadari gambar tersebut khalayak tidak tahu peristiwa tersebut
terjadi hari apa tanggal berapaataupun jumlah korban berapa. Karena tidak
tertulis di situ, dan gambar biasanya hanyamenampilkan
suasana perwakilan dari seluruh kejadian yang terjadi. Jadi gambar tidak bisa
terbaca dengan detail jika tidak di
dukung dengan teks atau tulisan. Gambar biasanya lebihmenarik daripada tulisan dan mudah di ingat oleh khalayak yang melihatnya.Sedangkan
kelebihan dari gambar atau foto adalah mendukung atau lebih memperjelas
dariteks atau tulisan. Dengan adanya gambar atau foto, paling tidak pembaca
media cetak bisamengetahui keadaan atau kejadian tersebut meskipun tidak secara
menyeluruh. Selain itu,gambar atau foto biasanya dimaknai oleh khalayak
dengan berbeda- beda. Sehinggamenimbulkan
pemahaman yang berbeda pula antara khalayak yang satu dengan yanglainnya.
Kadang juga bersifat ambigu, dimana maksud dari pemotret atau pengambil
gambar berbeda dengan yang melihat foto atau gambar tersebut.
4. MEDIA AUDIO
VISUAL/ VIDEO (TELEVISI)Media audio visual atau video (Televisi) merupakan
media yang sekarang sedang digemarioleh khalayak. Dengan tayangan yang begitu
jelas, khalayak bisa melihatnya ataumemantaunya ber jam- jam. Acara dalam
televisisi pun biasanya dikemas semenarik mungkin sehingga khalayak dari
semua kalangan baik anak- anak maupun dewasa semuamenggemari.Adapun kelebihan dari media audio visual (televisi) ini
adalah:a) tidak hanya disajikan dalam bentuk suara , tapi televisi juga
didukung oleh video yangmenarik perhatian
penonton. Jadi di saat pembaca berita (newscaster) membacakan sebuah berita
, penonton bisa lebih jelas karena di dukung dengan adanya video yang
ditayangkan. b) Televisi bisa menyajikan laporan langsung dari tempat
kejadian dan penonton langsung bisa
mengetahui situasi dan keadaan di tempat kejadian perkara (TKP), ini juga
yangmenjadikan media televisi lebih menarik dari media lainnya. Dan khalayak
bisa lebih pahamdan mengerti maksud berita yang dimaksud.c) Bahasa yang digunakan pada media televisi juga
bahasa tutur seperti halnya media audioatau radio.Untuk kekurangan dari media televisi adalah:a)
Produksi media televisi masih tergolong mahal, baik dari peralatan dan skill
dari SDM nya pun juga harus yang benar- benar mengetahui tentang televisi.
Belum lagi untuk biayaoperasional media ini
cukup mahal. b) Proses penyampaian berita ke masyarakat ada kalanya
membutuhkan waktu lama karenaharus melewati
proses pengambilan gambar, editing dan baru bisa disiarkan ke khalayak.
Media
Cetak
Kelebihan :
•
Repeatable, dapat di baca
berkali-kali dengan menyimpannya ataumenglipingnya.
•
Analisa lebih tajam, dapat membuat
orang benar-benar mengerti isi beritadengan analisa yang lebih mendalam dan
dapat membuat orang berfikir lebihspesifik tentang isi tulisan.Kekurangan :
•
Lambat, dari segi waktu media cetak
adalah yang terlambat karena mediacetak tidak dapat menyebarkan langsung berita
yang terjadi kepadamasyarakat dan harus menunggu turun cetak. Media cetak
sering kali hanyamemuat berita yang telah disebarluaskan oleh media lainnya
•
Tidak adanya audio, media cetak
hanya berupa tulisan yang tentu saja tidak dapat didengar.
•
Visual yang terbatas, media cetak
hanya dapat memberikan visual berupagambar yang mewakili keseluruhan isi
berita.
•
Produksi, biaya produksi yang cukup
mahal karena media cetak harusmencetak dan mengirimkannya sebelum dapat
dinikmati masyarakat.
Media
Elektronik
Kelebihan :
•
Cepat, dari segi waktu, media elektronik
tergolong cepat dalam menyebarkan berita ke masyarakat luas.
•
Ada audio visual, media elektronik
mempunyai audio visual yangmemudahkan para audiensnya untuk memahami
berita.(khusus televisi)
•
Terjangkau luas, media elektronik
menjangkau masyarakat secara luas.Kekurangan :
•
Tidak ada pengulangan, media
elektronik tidak dapat mengulang apa yangsudah ditayangkan.
Media Online
Kelebihan :
•
Sangat cepat, dari segi waktu media
online sangat cepat dalammenyampaikan beritanya.
•
Audio Visual, media online juga
mempunyai audio visual dengan melakukanstreaming.
•
Praktis dan Fleksibel, media online
dapat diakses dari mana saja dan kapansaja yang kita mau.Kekurangan :
•
Tidak selalu tepat, karena mengutamakan
kecepatan berita yang dimuat dimedia online biasanya tidak seakurat media
lainnya.Melihat kekurangan dan kelebihan yang dimiliki ketiga media di atas,
media onlinemempunyai keunggulan dalam segi kecepatan. Kecepatan tersebut
dapatmengalahkan kedua media lainnya karena audiens sekarang lebih
mengutamakankecepatan dan kemudahan dalam mengakses informasi, dan hal itu
dimiliki olehmedia online.Melihat hal ini, prospek media online akan sangat
unggul dan dapat mengalahkankedua jenis media lainnya. Apalagi jika seluruh
dunia dapat mengakses internetdengan mudah, otomatis media online akan lebih
sering digunakan audiensdibanding kedua jenis media lainnya.
( aga / aga
MEDIA AUDIO
1. pengertian dan fungsi media audioMedia audio Menurut sadiman ( 2005:49 ) adalah
media untuk menyampaikan pesan yangakan disampaikan dalam bentuk lambang
– lambang auditif, baik verbal (kedalam kata – kata atau bahasa lisan ) maupun non verbal.Sedangkan menurut sudjana
dan Rivai ( 2003 :129 ) media audio untuk pengajaran adalah bahan yang
mengandung pesan dalam bentuk auditif ( pita suara atau piringan suara),
yangdapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan sisiwa sehingga
terjadi proses belajar mengajar.Pengembangan
media audio sama halnya dengan pengembangan media lainnya, yang secaragaris
besar meliputi kegiatan perencanaan, produksi dan evaluasi. Dalam
perencanaanmeliputi kegiatan – kegiatan penentuan tujuan, menganalisis keadaan
sasaran, penentuanmateri, format yang akan dipergunakan dan penulisan skrip.
Sedangkan produksi adalahkegiatan perekaman bahan, sehingga seluruh program
yang telah direncanakan dapat direkandalam pita suara atau piringan suara. Dan
untuk evaluasi dimaksudkan sebagai kegiatanuntuk menilai program apakah
program tersebut bisa dipakai apa tidak, atau perlu direvisi.Fungsi media audio
menurut Arsyad ( 2003 : 44 ) beliau mengutip pendapat sudjana danRivai ( 1991 : 130 ) adalah untuk melatih segala
kegiatan pengembangan keterampilanterutama yang berhubungan dengan aspek –
aspek keterampilan pendengaran, yang dapatdicapai dengan media audio
ialah berupa :a) Pemusatan perhatian dan
mempertahankan perhatian. b) Mengikuti pengarahanc) Melatih daya analisisd) Menentukan arti
dan konteks.e) Memilah informasi dan gagasanf) Merangkum, mengingat kembali dan
menggali informasiFungsi lain dari media audio adalah sebagi alat Bantu bagi
para pendidik, karena sifatnyahanya sekedar
membantu, maka dalam pemamfaatannya memerlukan bantuan metode ataumedia lain,
sehingga pengalaman dan pengetahuan siap dimiliki oleh pendengar yang
akanmembantu keberhasilan.Selain itu juga sudjana (2005 : 129 ) menambahkan
Pamamfaatan fungsi media audio dalam pengajaran terutama digunakan dalam:a.
Pengajaran musik literaty (pembacaan sajak), dan kegiatan dokumentasi. b. Pengajaran bahasa asing, apakah secara
audio ataupun secara audiovisual.c. Pengajaran melalui radio atau radio
pendidikan.d. Paket-paket belajar untuk
berbagai jenis materi, yang memungkinkan siswa dapat melatihdaya
penafsirannya dalam suatu bidang studi.2.
Macam – macam media audioContoh media Audio adalah radio, alat perekam
pita, magnetik, piringan hitam,laboratorium bahasa.a. Radio pendidikanRadio
pendidikan, Hamalik ( 1994 : 107 ) adalah suatu perlengkapan elektronik
yangdiciptakan berkat kemajuan dalam teknologi modern. Fungsi radio pendidikan
dalam pengajaran adalah untuk
memperkaya pengalaman pendidikan dan ide – ide kreatif.Menurut Hamalik ( 1994 :
108 ) Nilai radio pendidikan dalam pengajaran adalah :1. Memberikan berita yang
up to date dan beritanya autentik berdasar pada kenyataan.2. Mempunyai tinjauan
yang luas dan memberikan gambaran yang jelas.3. Menarik minat4.
Mendorong kreatifitas
c. Merekam
peristiwa atau isi pelajaran untuk digunakan kemudian.d. Rekaman dapat
digunakan sendiri oleh siswa untuk mendengarkan diri sendiri sebagai
alatdiagnosis guna untuk membantu meningkatkan keterampilan membaca, mengaji
dan berpidato.e. Dalam pengoprasiannya relatif sangat mudah.Keterbatasan
media audio Arsyad( 2003 : 46 ) adalah :a.
Dalam suatu rekaman sulit menemukan lokasi suatu pesan atau informasi, jika
pesan atauinformasi tersebut berada di tengah – tengah pita, maka akan memakan
waktu yang lamauntuk menemukannya, apalagi jika radio-tape tidak memiliki
angka- angka penentuan putaran. b.
Kecepatan rekaman dan pengaturan trek yang bermacam – macam menimbulkan
kesulitanuntuk memainkan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam
yang berbeda.Sedangkan menurut Rivai ( 2005 : 131 ) penggunaan media
audio dalam dunia pengajaranmemiliki Kekurangan antara lain :a) Memerlukan suatu pemusatan pada suatu
pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertinnya harus
didapat dengan cara belajar yang khusus. b) Media audio yang menampilkan
simbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalahabstrak, sehingga pada hal-hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman
visual.c) Karena abstrak, tingkatan pengertinnya hanya bisa dikontrol
melalui tingkatan penguasaan pembendaharaan
kata–kata atau bahasa, serta susunan kalimat.d) media ini hanya akan mampu
melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyaikemampuan dalam berpikir
abstrak.e) penampilan melalui ungkapaqn perasaan atau symbol analog lainnya
dalm bentuk suaraharus disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog
tersebut pada si penerima. Bilatidak bisa terjadi ketidak mengertian dan bahkan
kesalah pahaman.4. Cara penggunaan media audioDalam pembuatan atau penggunaan
media ada beberapa peralatan pokok yang harusdiperhatikan diantaranya :
mikrofon, alat perekam (recorder ), alat pemutar hasil rekaman( player), alat
penyampur sumber suara (mixer) dan beberapa fasilitas lainnya yangdiperlukan.
Rivai ( 2005 : 152 ).Langkah–langkah untuk mempersiapkan media audio Arsyad
(2003:46 ) adalah :
¬
a)
Mempersiapkan diri b) Mempersiapkan kesiapan
siswac) Mendiskusikan membahas materi
program audio.d) Mendengarkan materi audio yang akan dibahasSedangkan
menurut sudjana ( 2005 : 130 ) langkah – langkah yang harus dipersiapkan
dalammenggunakan media audio meliputi tiga hal yaitu :a. langkah persiapan meliputi : persiapan dalam merencanakan,
memberikan pengarahanterhadap siswa mengenai ide – ide yang sulit, menentukan
sasaran, periksa peralatan. b. Langkah penyajian meliputi :
menyajikan waktu yang tepat, mengatur situasi ruangan, berikan motivasi
untuk siswac. Tindak lanjut.Teknik penggunaan rekaman menurut Hamalik ( 1994 :
103 ) antara lain :
¬
a) Kelas harus
dibawa kearah belajar mendengarkan rekaman secara aktif b) Guru
hendaknya mengenal dan memahami rekaman tersebutc) Menguasai penggunaan rekaman
dan cakap mempergunakan rekaman dalam belajar d) Kegiatan lanjutan
¬
Teknik dalam perekaman radio
pendidikan sudjana ( 2005: 139 ), mengusulkan hal – halyang harus diperhatikan
adalah sebagai berikut :
a. pilih
subjek atau tema yang menarik dan mengundang perhatian mereka. b. Tentukan garis- garis besar cerita atau membuat
synopsis.c. Tentukan pemain, pelaku,
penangungjawab dan sebagainya.d. Adakan latihan diluar studio untuk
melatih penjiwaan mereka.e. Pilih sound
effect yang sesuai, kemudian coba rekam dan adakan revisi.5. Evalusi
penilaian hasil dari media audioUntuk
mengukur atau mengevaluasi sejauh mana perkembangan kemampuan siswamendengar,
memahami, dan menghargai materi audio antara lain :1. Dengan memberikan
tugas untuk mendengar rekaman kuliah atau pidato, siswa disuruhmengajukan pertanyaan atas apa yang didengarnya2.
Untuk mendengarkan sebuah drama yang belum dikenal siswa ditugaskan untuk mengidentifikasi berbagai unsur seperti
pembicara, waktu, peristiwa dan gasan – gagasan3. Untuk drama atau pidato
kuliah, mintalah siswa secara kritis untuk mengevaluasi
gagasan, pengucapan bicara, ekspresi dan aspek lainnya.4. Dengarkan sebuah
cerita atau masalah dan hentikan cerita sebelum berakhir, kemudianminta
siswa untuk mengungkapkan akhir bagaimana akhir dari cerita atau masalah
tersebutmenurut versi mereka sendiri
BAB IVKESIMPULAN
Berdasarkan
hasil laporan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. SMA Nugraha
merupakan sekolah swasta yang baru mendapatkan akreditasi “B” dariBAN, oleh
karena itu dalam pengembangan medianya masih sangat sederhana dalam masa peningkatan.
2. SMA nugraha memiliki fasilitas
yang sangat sederhana sekali mulai dari alat – alat untuk laboratorium yang digunakan oleh anak – anak IPA
meskipun terbatas karena tidak memilikiruangan khusus laboratorium.
Sedangkan untuk pengembangan komputer sudah memilikiruangan sendiri.
3. Untuk
pengembangan media pengajaran agama masih menggunakan media dan metodeyang biasa digunakan akan tetapi untuk tahun depan pelajaran
agama ini akan dilakukan peningkatan dengan menerjunkan langsung siswa
untuk materi - materi tertentu.
4. Untuk
pengembangan media selanjutnya SMA nugraha ini berusaha terus
untuk meningkatkan pendidikannya mulai dari para guru dalam memberikan
pelajarannya dansmua staff yang berada disekolah
ini.Sedangkan untuk kesimpulan dari mata
kuliah media pembelajaran yaitu :
1. Media
adalah Segala sesuatu yang digunakan untuk merangsang pikiran,
perasaan, perhatian perhatian siswa sehingga mendorong proses belajar
mengajar.
2. Jenis Media yaitu : Interaksi Insani,
Realita1. Pictoria2. Simbol Tertulis3.
Rekaman yang digunakanKriteria pemilihan mediaTujuanSesuaikemampuan
seorang guruSesuaikematangan peserta didik a. Efektifitas dan
efisiensinyasesuaidengan situasi dan
kondisi peranan Mediaa. Menjelaskan penhyajian
pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis b. Mengatasi keterbatasan
ruang, waktu dan daya indraMasyarakat adalah tempat orang-orang hidup bersama
yang menghasilkan kebudayaanMasyarakat berfungsi sebagai penerus budaya
dari generasi kegenerasi secara dinamis sesuaisituasi dan kondisi serta
kebutuhan masyarakat, melalui pendidikan dan interaksi sosial.Grafik adalah keterpaduan yang lebih menarik
dari sejumlah tabulasi data data yang tersusundengan baik. Untuk memperhatikan
perbandingan, informasi, kualitatif dengan cepat sertasederhana.Chart /
Baganfungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang
sulit bila hanyadi sampaikan secara
tertulis atau lisan secara visualDiagramSuatu gambar sederhana yang
mengunakan garis garis dan symbol- symbol, diagrammengabarkan struktur dari
objek secara garis besar.kartunadalah
penggabaran dalam bentuk lukisan dan karikatur tentang orang, gagasan atau
situasiyang didisain untuk mempengaruhi opuini masyarakat..
Still Picture ( gambar diam )adalah Gambaran di peroleh dari berbagai sumber,
surat-surat kabar, majalah-majalah, brosur-brosur, dan buku-buku
,gambar, lukisan kartun, ilustrasi, foto membantu mendorong para siswa dan dapat membangkit kan
semangatnya pada pelajaran, membantu merekadalam mengebangkan kemampuan
berbahasa, kegiatan seni, dan pernyataan kreatif dan berceritaMedia audio• adalah banyak media untuk
menyampaikan pesan yang akan di sampaikan dalam bentuk lambang – lambang
auditif, baik verbal ( kedalam kata-kata atau bahasa lisan ) maupunverbal.Fungsi
media audio• untuk melewati segala kegiatan
perkembangan keterampilan terutama yang berhubungandengan aspek – aspek
keterampilan pendengaran.Film Merupakan gambar dalam frame demi frame di
proyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehinga pada layer
terlihat gambar itu hidup.
Video sebagai
media audiovisual yang menampilkan gerak.8. TelevisiTelivisi pendidikan adalah
penggunaan progam video yang di rencanakan untuk mencapaitujuan pengajaran
tertentu tanpa melihat siapa yang menyiarkannya.Komputer adalah suatu alat yang
dapat menerima informasi, melaksanakan produser pemerosesan terhadap informasi tersebut, pada dasarnya
alat komputer punya tiga fungsi pokok, yakni fungsi penerimaan informasi,
fungsi pemprosesan informasi dan fungsimenghasilkan informasi baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar