Sabtu, 22 Februari 2014

PARIWISATA SUMATERA


PARIWISATA DI SUMATERA

        Danau Toba adalah salah satu obyek wisataandalan negeri kita yang terletak di propinsi Sumatera Utara tepatnya 176 km dari kota Medan. Danau Toba beserta pulau Samosirnya memiliki wisata alam, wisata sejarah, wisata spiritual, ataupun wisata arsitektural dan kuliner. Dengan hamparan airdanau yang jernih dan pemandangan pegunungan yang hijau itu hanya sebagian kecil hal yang bisa menggambarkan akan keindahan alam danau Toba.

Menurut penelitian, danau Toba terbentuk dari letusan gunung berapi super (gunung toba) yang meletus sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Letusan itu menyebabkan kematian jutaan manusia dan kepunahan berbagai spesies di sekitarnya. Letusan itu juga mempengaruhi peradaban dunia dengan terjadinya perubahan cuaca dan mulainya zaman es.
 
Danau Toba dan Pulau Samosir
Danau Toba bila dilihat lebih mirip dengan laut dikarenakan memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Kita patut bangga karena danau Toba ini merupakan terbesar di Asia dan yang paling dalam di dunia dengan kedalaman 505 meter. Danau bertipe vulkanik ini merupakan danau terbesar kedua di dunia setelah danau Victoria di Afrika.

Di tengah danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik yaitu pulau Samosir yang berada di ketinggian 1.000 meter dpl. Uniknya lagi di pulau Samosir sendiri terdapat dua danau nan indah yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Bila sobat berwisata kesini, sobat bisa menemukan beberapa air terjun yang mempesona dan juga tempat pemandian air belerangyang berkhasiat dalam penyembuhan berbagai macam penyakit kulit. Daerah sekitar danau Toba memiliki hutan - hutan pinus yang tertata rapi dan asri. Disana sobat juga bisa mengunjungiTanjung Unta, dinamakan demikian karena daratan tersebut menjorok ke danau dan berbentuk punggung unta. Selain panorama danau dan pulau Samosirnya, sobat bisa menikmati keindahan alam pedesaannya yang masih asri.

Danau Toba memang tempat wisata yang cocok untuk kita melepas lelah dan refreshing karena danau ini terletak pada ketinggian 900 meter dpl maka udaranya sejuk dan segar. Disini sobat bisa menikmati keindahan alamnya dengan berbagai cara seperti mendaki gunung, berenang, perahu layar dan lainnya. Untuk akomodasi sobat tak perlu kuatir karena disini sudah tersedia banyak hotel dan penginapan yang bisa sobat pilih sesuai kantong. 
Pulau Samosir di Sumatera Utara adalah pulau yang sangat unik karena merupakan pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba. Ketinggiannya 1.000 meter di atas permukaan laut. Inilah yang membuat pulau ini menjadi perhatian turis domestik maupun asing.

Menuju Pulau Samosir bias dilakukan pagi hari dengan membeli tiket ferry seharga 10.000 per orang. Dan sambil menunggu keberangkatan kapal, kita bias hunting foto di sekitar danau, mengabadikan keindahan dan keluasan danau toba.

Selain sebagai tempat wisata, ternyata danau ini menjadi tumpuan hidup masyarakat sekitarnya. Mereka menggunakan air Danau Toba sebagai mata air utama dalam kehidupan sehari-hari. Ada dua tipe feri yang melayani rute ke Pulau Samosir, yaitu feri yang mengangkut penumpang saja dan feri yang mengangkut kendaraan roda empat.
Jika menggunakan mobil, anda akan menumpang ferry jenis kedua (yang mengangkut kendaraan beroda empat). Selama menyebrang kita akan disuguhi pemandangan alam danau yang indah, langit biru, dan udara yang sejuk. Cuaca Danau Toba bahkan bias menghipnotis pengunjung sehingga betah berlama-lama di sini.

Di pulau ini juga terdapat beberapa penginapan losmen yang sebagian tidak memiliki nomor telepon. Untuk menginap, kita bisa langsung memesan penginapan secara go show. Jika penginapan sudah penuh, kita bisa meminta tolong penduduk sekitar atau pemilik hotel untuk mencarikan rumah penduduk yang bisa disewakan sebagai tempat menginap. Tarif losmen sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000. Wisatawan memang jarang menginap di Samosir.
Namun, jika bepergian secara backpacker, sesampainya di Pulau Samosir kita bisa menyewa ojek atau bermalam di sana.
Uniknya pulau ini memiliki obyek wisata danau. Terdapat dua danau di pulau yang berada di tengah Danau Toba, yaitu Danau Sidihoni dan Aek Natong. Selain itu, pulau ini juga menawarkan banyak keunikan budaya dan sejarah lainnya. Misalnya saja Pusuk Buhit yang dipercaya sebgai tempat asal suku Batak.

Menariknya, di sini terdapat panggung batu. Untuk mendapatkan penjelasan tentang panggung batu, kita bisa menyewa penduduk sekitar sebagai pemandu. Setelah puas mendengarkan kisah tersebut, kita pun bisa berbelanja suvenir, berupa ukiran kayu dan kain tradisional di kios-kios cenderamata.
Obyek wisata lain yang tidak kalah menarik adalah peendian air panas dan Museum Adat Budaya Batak. Museum ini cukup unik karena berada di ruang terbuka dan disana ada banyak batu peninggalan raja yang konon dulu orang Batak. Di pulau Samosir yang konon dikenal sebagai tempat asal mula orang battak menyimpan banyak peninggalan budaya masa lampau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar