Rabu, 02 Oktober 2013


Media Masa

Pengertian Media Masa

Menurut sumber dari Wikipedia bahasa Indonesia, insiklopedia bebas, bahwa media massa adalah suatu istilah yang mulai dipergunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Dalam pembicaraan sehari-hari istilah ini sering disingkat menjadi media.

Sedangkan dilihat dari segi etimologis, media massa adalah berarti komunikasi massa, yang mana sebutan komunikasi massa ini ialah sebutan yang lumrah di kalangan akademis untuk studi media massa. Dan dari segi maknanya, media massa adalah berarti alat/sarana untuk menyebarluaskan berita, analisis opini, materi pendidikan dan hiburan


Fungsi Media Massa

Media massa dan perkembangannya bagi manusia telah melahirkan perdebatan panjang tentang makna dan dampak media massa pada perkembangan masyarakat. Dalam perkembangan teori komunikasi massa, konsep masyarakat massa mendapat relasi kuat dengan produk budaya massa yang pada akhirnya akan mempengaruhi bagaimana proses komunikasi dalam konteks masyarakat massa membentuk dan dibentuk oleh budaya massa yang ada. Media massa berperan untuk membentuk keragaman budaya yang dihasilkan sebagai salah satu akibat pengaruh media terhadap sistem nilai dan tindakan manusia.

Menurut De Witt C. Reddick, fungsi utama media masa adalah untuk mengkomunikasikan kesemua manusia lainnya mengenai perilaku, perasaan, dan pemikiran mereka.
Dalam mewujudkan hal tersebut, media masa tidak terlepas dari :
*       Responsibility
*      Freedom of the pers
*      Independence
*      Sincerity, Trurhfulness, Accurancy
*      Fair play
*      Decency

Di dalam tata kehidupan masyarakat umum setidaknya media massa mempunyai beberapa fungsi pokok, yakni;
  1. Fungsi pengawasan; adalah fungsi yang khusus menyediakan informasi dan peringatan kepada masyarakat tentang apa saja yang terjadi di lingkungan mereka. Media massa meng-up date pengetahuan dan pemahaman manusia tentang lingkungan sekitarnya.
  2. Fungsi interpretasi; adalah fungsi yang menjadi sarana memproses, menginterpretasikan dan mengkorelasikan seluruh pengetahuan atau hal yang diketahui oleh manusia.
  3. Fungsi transmisi nilai; adalah fungsi untuk menyebarkan nilai, ide dari generasi satu ke generasi yang lain.
  4. Fungsi hiburan adalah fungsi untuk menghibur manusia. Manusia cenderung untuk melihat dan memahami peristiwa atau pengalaman manusia sebagai sebuah hiburan. Dalam perkembangan selanjutnya, media massa mempunyai fungsi-fungsi baru, yaitu fungsi membentuk komunitas dan komunikasi virtual, seperti halnya kelompok internet di dunia maya.

Peranan Strategis Media Massa

Media Masa dapat berperan sebagai alat atau sarana komunikasi yang dapat membantu manusia untuk saling memberi informasi satu sama lain, informasi tersebut dapat berupa berita, gambar, suara, tulisan, maupun apapun yang dapat dikatakan media masa

Peranan Media Masa, yakni :
*       Sebagai penyalur informasi atau berita secara obyektif
*       Sebagai alat kontrol atau pengawasan sosial rakyat terhadap para penyelenggara negara
*       Sebagai sarana pembentuk pendapat umum (opini publik)
*       Sebagai pelapor pertanggung jawaban (akuntabilitas) pemerintah
*       Sebagai penengarai awal ( ealy warming system)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar